Silaturrohmi sebagai Kaderisasi Informal

Diposting oleh admin on Kamis, 26 Agustus 2010

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia sudah setengah abad didirikan di Indonesia. Banyak tokoh yang sudah dilahirkan disana. Akan tetapi berbagai permasalahan sering bermunculan ketika seorang kader mencoba untuk terjun aktif mengembangkan organisasi ini. Dan hal yang sangat perlu kita lihat bahwa berbagai permasalahan yang muncul itu juga sering ditemui oleh masa kepengurusan sebelumnya dan terus saja sering muncul dalam setiap kepengurusan.

Kadang sering tersirat di benak  pengurus baru bahwa pengurus sebelumnya itu mungkin sedang mengalami keemasan dan tidak mengalami hal yang sulit yang mereka hadapi saat ini. Padahal asumsi

itu belum jelas dari mana sumbernya. Misalnya saja permasalahan yang muncul adalah sulitnya mendaatkan anggota yang aktif, sulitnya mencari dana dan berbagai persoalan lainnya. Dan yang perlu diwaspadai adalah permasalahan ini yang sering membuat kader PMII yang aktif menjadi semangatnya untuk menjadi agen of change jadi menurun.

Kondisi seperti ini kalau bisa jangan sampai dibiarkan terus menerus karena jika hal seperti ini terus berlanjut maka kita akan kesusahan mendapatkan aktifis yang matang dalam berorganisasi untuk melanjutkan estafet kepemimpinan di negeri ini.  Setiap kepengurusan itu pasti menjumpai banyak persoalan yang harus mereka lakukan. Salah satu cara untuk membangkitkan optimism kader di PMII adalah dengan melakukan silaturohmi kepada para seniornya sebagai media pengakderan secara informal. Dan juga mencari dokumen-dokumen lpengurus-pengurus sebelumnya yang diharapkan bisa dijadikan acuan untuk membuat berbagai kegiatan untuk para kader lebih baik.

Diharapkan melalui jalan silaturohmi para kader PMII bisa mendapatkan kedekatan dan berbagai masukan dan sharing pengalaman dari para generasi sebelumnya untuk menambah ilmu pengetahuan dan berbagai strategi yang bisa digunakan untuk mengembangkan organisasi ini lebih maju dan bermanfaat bagi masyarakat.

Budaya silaturohmi ke alumni ini sedang gencar dilakukan oleh PC PMII Solo pada bulan Romadhon 2010. Bentuk kegiatannya seperti melakukan masak bersama di tempat alumni dilanjutkan acara diskusi dan buka bersama para kader PMII baik dari Cabang, Komisariat dan Rayon.

Oleh: latri

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Bagaimana merekrut dan mengembangkan organisasi ekternal kampus di masa kini?